Kamis, 23 Mei 2024

Merawat Profesi Guru

 


MERAWAT PROFESI GURU

Diskusi Kelas

 

Guru adalah profesi mulia, penting dan juga krusial. Kenapa demikian? Melalui tangan guru, peserta didik memeroleh pendidikan, melalui pengabdian guru peserta didik di bina menjadi generasi yang siap menyongsong hari esok. Dan melalui keteladanan seorang guru, peserta didik belajar nilai-nilai baik yang dibutuhkan bagi kehidupannya. 
 
Sebagai sebuah profesi, atau pekerjaan profesional. Guru dituntut meningkatkan kompetensi dirinya secara terus menerus. Profesi ini mensyaratkan guru memiliki 4 jenis kompetensi yaitu : Pertama, kompetensi pedagogik dimana guru harus memiliki kualifikasi akademik yang relevan dengan tugasnya. Kedua, kompetensi profesional, dimana guru diharuskan memiliki kecakapan yang memadai dan terus berkembang terkait tugas-tugasnya sebagai guru. Ketiga, kompetensi kepribadian, karena guru adalah sosok yang digugu, maka ia harus mampu tampil sebagai sosok dengan kepribadian yang mulia. Keempat, kompetensi sosial dimana guru sebagai anggota masyarakat dan warga negara menjadi individu yang terbuka pada lingkungan siap bekerjasama dan mampu berinteraksi secara sehat dan harmonis dengan lingkungan sosialnya. 

Oleh karena mulia dan tingginya tugas dan tanggungjawab guru, maka profesi guru harusnya mampu dijaga maruah dan kredibilitasnya, dirawat agar menjadi profesi yang memberi kontribusi besar bagi pembangunan sumber daya manusia Indonesia, di samping tentu saja yang tidak kalah pentingnya adalah sebagai pekerjaan profesional, profesi guru memberikan kontribusi bagi kesejahteraan guru. 
kompetensi guru, pelatihan guru

 

Sebagai sebuah profesi, guru memerlukan wadah yang memayungi pelaksanaan tugasnya, menjadi wadah menampung dan memperjuangkan aspirasi dan hak-hak guru, juga sebagai wadah untuk meningkatkan kompetensi guru. Salah satu lembaga yang menjadi tempat bernaung bagi guru adalah  Ikatan Guru Indonesia (IGI). 

Ikatan Guru Indonesia (IGI) adalah organisasi guru yang diinisiasi sejak tahun 2000 dengan nama Klub Guru Indonesia dibawah kepemimpinan Ahmad Rizali Dan secara resmi berbadan hukum pada tanggal 26 November 2009 dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM dengan Surat Keputusan Nomor AHU-125.AH.01.06 Tahun 2009 dengan Ketua Umum Satrian Dharma dan Sekjen Muhammad Ihsan dari Jatim serta Indra Djati Sidi dari Jabar sebagai Ketua Dewan Pembina. (https://www.igi.or.id/tentang-ikatan-guru-indonesia

Apabila mencermati program kerja IGI, periode kepengurusan 2016-2021, dapat dilihat bahwa program kerja IGI yang terdiri atas 11 Program kerja, telah memenuhi dengan memadai kebutuhan akan peningkatan kompetensi guru. Lebih lanjut mengenai program kerja IGI dapat dilihat pada laman website IGI bagian program kerja https://www.igi.or.id/program-kerja-igi

Salah satu kelebihan IGI, adalah adanya pelatihan daring yang tersedia secara gratis. Hal ini tentu saja sangat membantu guru yang kesulitan mendapatkan kuota pelatihan luring. Keuntungan pelatihan daring ini karena waktunya flekibel dimana saja dan kapan saja sesuai jadwal pelatihan. Untuk lebih memudahkan mengikuti pelatihan tersebut guru dapat mendaftarkan dirinya secara online menjadi Anggota IGI melalui websitenya. 

Saya teringat seorang teman yang telah menerbitkan karya tulisnya, serta memiliki banyak sertifikat pelatihan IGI, dengan kekaguman yang kental atas prestasinya melahirkan karya tulis sekaligus mengukuhkan dirinya sebagai guru penulis. Dia kemudian berucap "Itulah untungnya menjadi anggota IGI". Jadi tunggu apalagi, mari merawat profesi guru dan berkembang bersama IGI dengan mengikuti kegiatan yang telah diprogramkan oleh IGI. 

Salah satu kegiatan menarik yang terkait dengan literasi digital adalah Pelatihan  Sagusablog, baik dasar dan lanjutan. Sagusablog (Satu Guru Satu Blog) merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan Ikatan Guru Indonesia, materi pelatihannya komplit, di lengkapi dengan model dan video tutorial. Sagusablog dasar dan lanjutan membantu guru-guru untuk membuat dan memiliki blog sendiri. Blog yang kita miliki menjadi wadah untuk meyajikan tulisan, gambar, dan informasi terkait dunia guru, bahkan dapat menjadi sumber penghasilan tambahan jika blog di monetized

0 komentar:

Posting Komentar